Home » Cara Mengatasi Gagal Instal Plugin WordPress

Cara Mengatasi Gagal Instal Plugin WordPress

cara mengatasi gagal instal plugin wordPress

Apakah Anda sedang mencari tahu bagaimana cara mengatasi gagal instal plugin wordPress? Maka perhatikan tutorialnya pada artikel di bawah ini.

Seperti yang diketahui, wordpress adalah CMS open source yang paling banyak dipilih oleh blogger dan webmaster. 

Apakah ada yang tahu fungsi plugin? Plugin memiliki peran yang sangat penting untuk wordpress. Ada ratusan plugin yang memiliki kriteria dan manfaat yang berbeda-beda. Lalu, mengapa plugin wordpress tidak muncul? Ini beberapa alasannya. 

Alasan Kenapa Plugin WordPress Tidak Muncul

Plugin wordpress adalah salah satu ekstensi yang ditambahkan ke website wordpress untuk memodifikasi dan mengembangkan fungsi utamanya. WordPress sendiri menyediakan ribuan opsi, baik yang berbayar maupun gratis. 

Dalam proses instalasi plugin, terkadang kita menemukan kendala dimana plugin yang ingin dipasang tidak dapat di instal sebagaimana mestinya. Tidak jadi masalah jika fungsi plugin tidak begitu penting, tapi ceritanya berbeda jika plugin tersebut sangat penting. 

Nah, sebelum membahas cara mengatasi gagal instal plugin wordpress, alangkah baiknya jika Anda terlebih dahulu mengetahui sebab terjadinya error ini, antara lain:

1. Format File yang Salah Telah Diunduh

Biasanya, Anda akan menemukan kesalahan penginstalan saat mengunggah plugin secara manual melalui opsi tambahan atau unggah di wordpress (sebagai lawan memasang langsung dari repository wordpress). 

Ketika pesan “format salah” ditampilkan, itu berarti Anda belum mengunduh file asli yang disediakan oleh pengembangan tema atau plugin. 

Baca Juga : 5 Plugin SEO WordPress Terbaik Rekomended!

2. Ada Kesalahan Sintaks

Salah satu alasan kenapa plugin tidak dapat diaktifkan adalah adanya kesalahan sintaks  atau atau parsing saat Anda mencoba menginstalnya di wordpress. 

Ini berarti ada yang salah dengan kode, kesalahan ini sebenarnya dapat terjadi jika Anda secara keliru mencoba mengedit plugin setelah di instal di website Anda. 

3. Batas Memori Terlampaui

Pada dasarnya, hal ini dapat terjadi ketika batas hosting memori PHP Anda terlalu rendah untuk memproses instalasi plugin dan bisa mengakibatkan wordpress error.

Berikut Cara Mengatasi Gagal Instal Plugin WordPress

Seperti yang diketahui, terdapat dua jenis plugin yang ada di wordpress yakni gratis dan pro. Kedua pengaturan plugin ini tidak sama, karena ada plugin ketika di instal lalu diaktifkan langsung bekerja, atau juga sebaliknya. 

Lalu bagaimana jika Anda mengalami masalah plugin yang diinginkan sudah berulang kali di instal tapi tetap saja tidak bisa diinstal, padahal sebelumnya plugin tersebut sudah pernah diinstal? 

Bagi Anda yang mengalami masalah yang sama seperti diatas, berikut cara instal plugin wordpress yang bisa Anda lakukan dengan mudah untuk mengatasi masalah tersebut

  • Pertama, login ke cPanel hosting Anda
  • Selanjutnya, silahkan buka File Manager
  • Pada menu File Manager, Anda masuk ke public_html/wp-content/plugins
  • Kemudian, temukan folder plugin yang tidak bisa diinstal. Misalnya, Alkemis plugin yang tersimpan di folder public_html/wp-content/plugins/akismet
  • Klik kanan pada folder tersebut, lalu pilih menu Change Permission dan rubah nilai permission menjadi 755
  • Setelah nilai permission di rubah ke 755, silahkan coba ulangi instal plugin yang ingin diinstal tersebut, jika tidak ada kendala teknis lainnya, mestinya cara instalasi plugin sudah bisa dilakukan secara normal

Nah, itulah cara mengatasi gagal instal plugin wordpress yang bisa Anda ikuti dengan mudah dan cepat.

Perlu diingat, pastikan untuk Anda selalu mengupdate semua plugin yang Anda pakai guna menghindari permasalahan tertentu pada plugin tersebut. Semoga bermanfaat.

Share
Lis Sunirat

Lis Sunirat

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia online langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!