Home » Cara Membuat Subdomain pada DirectAdmin

Cara Membuat Subdomain pada DirectAdmin

  • Domain
cara membuat subdomain pada DirectAdmin

Untuk memahami fungsi dan bentuk dari sebuah subdomain, Anda bisa menganalogikannya sebagai sebuah organisasi yang memiliki sebuah struktur.

Nah, subdomain ini bisa dbilang merupakan sebuah ruangan, yang dalam hal ini website. Lantas, bagaimana cara membuat subdomain pada DirectAdmin?

Sebelum Anda mengetahui cara membuat subdomain gratis, Anda sebaiknya mengetahui terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan domain, apa saja jenisnya, dan apa fungsinya dalam sebuah website?

Oleh karena itu, artikel kali ini akan menguraikan pula cara membuat subdomain di WordPress. 

Apa Itu Subdomain?

Bisa dibayangkan sebuah rumah, subdomain merupakan sebuah ruangan yang terdapat dalam satu rumah.

Di mana dalam konteks ini berarti adalah website. Populernya, ketika Anda melihat ‘www’ dalam suatu website, maka itu merupakan subdomain. 

Nah, Anda bisa menggantu ‘www’ tersebut dengan nama lain sesuai dengan keinginan Anda dengan cara membuat subdomain pada DirectAdmin ini. Seringkali, Subdomain dianggap sama dengan add-on domain dan parked domain

Nah, agar Anda tidak salah pengertian terhadap dua hal tersebut, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu perbedaan keduanya. Add-on domain sama seperti adds-ons atau permintaan tambahan ketika Anda membeli sesuatu. 

Artinya, dalam suatu hosting, Anda bisa menambahkan domain-domain lain yang mungkin tidak ada hubungannya dengan website utama Anda.

Bahkan, adds-on domain bisa juga dalam bentuk subdomain atau nama doman baru selama masih dalam satu hosting yang sama. Lantas, bagaimana cara membuat subdomain tanpa hosting?

Baca Juga : Cara Instal WordPress di Directadmin Bagi Pemula

Jenis Subdomain

Jenis-jenis subdomain sendiri telah disesuaikan dengan kebutuhan Anda. MIsalnya beberapa nama subdomain yang memang sering digunakan oleh para pemilik website blog, toko, informasi terkini, dan sebagainya.

Adapun beberapa jenis subdomain tersebut adalah sebagai berikut :

  • Blog digunakan untuk menambahkan halaman blog yang berisi trivia, tips, dan trik, atau informasi soft-selling
  • Store Digunakan sebagai toko jika website Anda tidak secara eksplisit digunakan untuk berdagang
  • News digunakan oleh website untuk memberikan informasi terbaru mengenai kampanye sosial yang sedang berjalan. 
  • Events berfungsi sebagai halaman yang menyajikan informasi terkait acara yang telah, sedang, atau akan dilaksanakan oleh suatu komunitas atau brand.
  • Info untuk menyajikan informasi mengenai profuk atau brand
  • FAQ digunakan agar pengunjung tidak menanyakan hal yang kerap ditanyakan pegunjung lain

Masih banyak jenis subdomain lainnya yang dapat Anda ketahui, akan tetapi beberapa jenis subdomain di atas yang lebih sering digunakan oleh para pengguna website. 

Adapun cara membuat subdomain ini sangatlah beragam, di antaranya adalah dengan cara membuat subdomain blogspot, cara membuat subdomain di cpanel, atau cara membuat subdomain pada DirectAdmin. 

Cara Membuat Subdomain pada DirectAdmin

Setidaknya, untuk membuat subdomain pada DirectAdmin, Anda harus melalui empat langkah berikut ini. 

  • Login terlebih dahulu ke DirectAdmin melalui situs http://nama.domains:2222. Kemudian gunakan username dan password akun Anda, jangan lupa pula untuk menghubungi tin support 
  • Setelah itu, pilih menu Subdomain pada bagian Account Manager pada halaman DirectAdmin
  • Kemudian, untuk menambahkan subdomain pada website Anda, klik tombol Add Subdomain pada bagian kanan atas
  • Masukkan kembali nama subdomain yang diinginkan pada kolom yang tersedia, kemudian klik tombol Add Subdomain 
  • Maka Subdomain Anda telah berhasil dibuat, jika Anda menghendaki subdomain yang lain, lakukan cara yang sama seperti di atas.

Nah, demikian cara membuat subdomain pada DirectAdmin yang dapat Anda ketahui. Semoga uraian ini bisa membantu Anda dalam mengatasi masalah penambahan subdomain tersebut.

Share
Lis Sunirat

Lis Sunirat

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia online langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!