Home » Blogger vs WordPress : Perbandingan Lebih Baik

Blogger vs WordPress : Perbandingan Lebih Baik

blogger vs wordpress

Di dunia blogging, dikenal dua platform besar yaitu blogger vs wordpress. Keduanya adalah platform blogging yang paling populer karena adanya fitur pembuatan blog dengan mudah.

Namun tentunya, kedua platform tersebut memiliki fitur serta kegunaan yang berbeda. 

Mungkin bagi Anda yang baru akan memulai blogging, merasa bingung harus menggunakan platform yang mana.

Wajar saja, karena Anda masih sangat baru dalam hal tersebut dan belum mengenal kedua platform tersebut. Lantas, apa bedanya blogger dan wordpress? 

Mengenal Blogger dan WordPress

Sebelum mengenai perbandingannya, mari kenali dulu kedua blogging platform ini secara singkat. Blogger dan wordpress merupakan platform Content Management System (CMS) yang awalnya diciptakan khusus untuk blogging. 

Namun, keduanya memiliki perbedaan seiring dengan perkembangannya. Berikut ini pengertian blogger vs wordpress yang perlu Anda pahami. 

Blogspot atau blogger adalah layanan blogging gratis untuk mempublikasikan blog, layanan ini dimiliki oleh Google. Sejak dahulu hingga sekarang, blogger dikenal sebagai platform yang user-friendly, yang membantu Anda membuat blog dalam hitungan menit. 

Sementara wordpress merupakan platform CMS yang memungkinkan penggunanya membuat blog sendiri, website, ataupun online store dengan cara yang sangat simple karena tidak menggunakan bahasa pemrograman yang rumit. 

Baca Juga : Cara Membuat Email Custom Domain

Untuk memilih platform mana yang tepat bagi Anda dalam membuat blog atau website, berikut adalah beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih antara blogging dan wordpress. 

Perbandingan Blogger vs WordPress

Ada beberapa perbedaan antara platform blogger dan wordpress, antara lain:

1. Biaya

Platform blogspot sama sekali tidak meminta Anda untuk membayar karena memang dibuat sebagai “free blogging service“. Semua gadget dan fitur yang ada dalam platformnya pun gratis. Kecuali jika Anda ingin mempunyai domain sendiri. 

WordPress juga memberikan platform blog secara gratis dengan menggunakan sub domain. Tapi, jika Anda ingin menggunakan nama domain sendiri, Anda harus berlangganan ke layanan premium mulai dari Rp 50 ribu per bulannya. 

2. Fitur yang Ditawarkan

Fitur yang ditawarkan oleh blogger memang terbatas. Jika Anda ingin tampilan yang lebih menarik, Anda harus membeli template dari pihak ketiga yang sudah banyak menyediakan. 

Sedangkan wordpress adalah platform yang dikenal memiliki ketersediaan fitur yang cukup banyak. Jumlah fitur dan tema yang ditawarkan bukan hanya puluhan saja, melainkan sudah mencapai ratusan fitur yang ada pada wordpress. 

3. Kontrol

Perbedaan blogger vs wordpress juga terlibat dari kontrolnya. Karena blogger sifatnya hosted, maka kepemilikan website tidak 100% miliki Anda. Ada banyak keterbatasan, seperti tidak bisa mengganti template dan juga menambahkan plugin. 

Sementara wordpress bersifat open source, maka Anda bisa dengan mudah menambahkan fitur-fitur baru untuk menunjang kebutuhan.

Meski Anda tidak paham bahasa pemrograman, Anda cukup menginstal plugin yang sesuai dengan fitur yang Anda inginkan.

4. Keamanan

Keamanan menjadi salah satu prioritas yang dicari oleh para blogger guna mendapatkan keuntungan membuat blog. 

Nah, menggunakan blogspot melalui website Blogger.com akan memberikan Anda sekuritas yang ditawarkan oleh Google. Anda akan memperoleh akses dari platform Google yang aman dan kuat, sehingga tidak pernah khawatir lagi. 

Tidak seperti blogger, wordpress seringkali menjadi target para hacker karena memiliki open source system. Namun, disini Anda bisa memilih host atau provider yang canggih untuk memberi keamanan yang ketat.

Demikian perbandingan antara blogger vs wordpress. Kedua platform tersebut tentunya mempunyai kekurangan dan kelebihan masing-masing yang harus Anda sesuaikan dengan kebutuhan blog Anda. 

Share
Lis Sunirat

Lis Sunirat

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia online langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!