Home » Tips Memilih Nama Domain Untuk Optimasi Web

Tips Memilih Nama Domain Untuk Optimasi Web

  • Domain
tips memilih nama domain

Anda yang sedang menggeluti dunia Website tentu saja tidak asing lagi dengan istilah-istilah seperti domain maupun hosting.

Namun, tak jarang para pengguna website masih kebingungan dalam menentukan nama domain. Nah, berikut akan dijelaskan tips memilih nama domain untuk Website Anda.

Untuk lebih meningkatkan professionalitas, Website Anda pasti membutuhkan nama domain tersebut beserta layanan hosting.

Meski begitu, Anda tidak bisa secara serampangan menentukan nama domain tersebut atau memilih penyedia layanan hosting. Bagaimana cara membuat nama domain?

Tips Memilih Nama Domain untuk Website Anda

Sebelumnya, barangkali Anda telah melihat contoh nama-nama domain. Di antaranya pasti Anda menemui contoh nama domain yang bagus, sehingga Anda pun tertarik untuk membuat nama domain yang unik pula.

Nah, berikut ini adalah tips memilih nama domain yang bisa Anda coba untuk website Anda.

1. Buatlah Nama yang Singkat dan Mudah Diingat

Sebenarnya, para pengguna website memang bebas menentukan panjang pendeknya nama domain. Namun, sebisa mungkin nama domain tidak terlalu panjang.

Sebagai patokan untuk Anda, sebaiknya jangan menggunakan nama domain yang lelbih dari tiga kata.

Pasalnya, nama domain yang pendek cenderung lebih mudah diingat dan dibaca oleh pengunjung. Sebagai contoh nama domain yang pernah Anda temui dan selalu diingat adalah seperti facebook.com atau twitter.com.

Kedua nama domain tersebut memiliki nama yang singkat dan pendek, akan tetapi mudah diingat. Selain itu, nama domain yang pendek juga hemat tempat. Misalnya, ketika Anda harus mencantumkan website di profil online, portofolio, atau kartu nama.

Baca Juga : 2 Cara Mengakses VPS Terbaru dan Termudah

2. Nama Domain Mudah Diketik

Tak hanya mudah diingat, nama domain yang bagus juga memiliki kriteria mudah diketik. Nama yang terlalu panjang dan menggunakan huruf fokal yang berlebih atau alay cenderung lebih susah untuk dituliskan. 

Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya Anda tidak menggunakan nama yang terlalu panjang. Kemudian, jangan menggunakan tanda hubung atau ejaan yang tidak baku ataupun angka. 

3. Selipkan Kata Kunci

Ketika website Anda ini merupakan platform usaha Anda, sebisa mungkin cantumkan kata kunci yang menunjukkan bisnis Anda.

Hal ini berguna untuk memudahkan pengguna menemukan website Anda. Contohnya adalah ‘preksu.com’, ‘juarakeripik.com’, dan sebagainya.

4. Guanakan nama Brand

Hampir sama dengan menyelipkan kata kunci, menggunakan nama brand sebagai nama domain juga cukup menguntungkan bagi Anda. Sebab, dengan begitu nama brand Anda juga akan diingat oleh pengunjung. 

5. Pikirkan Nama yang Relevan dalam Jangka Waktu Lama

Relevansi nama domain juga perlu diperhatikan ketika menggunakan kata kunci atau brand. Hal itu dikarenakan Anda tidak bisa mengubah nama domain yang telah Anda beli.

Misalnya, ketika Anda saat ini menjual brand ‘sabun herbal’ dan tiba-tiba ganti menjadi ‘pewangi alami’.

Hal tersebut tentu saja tidak menguntungkan buat Anda, bukan? Oleh karena itu, pikirkan terlebih dahulu relevansi nama tersebut dalam jangka waktu tertentu.

6. Eksensi yang Sesuai

Sebisa mungkin, huruf-huruf yang ada di belakang nama domain menggunakan ekstensi yang sesuai. Adapun beberapa ekstensi domain beserta fungsinya adalah sebagai berikut.

  • Org – untuk organisasi atau lembaga
  • .net – untuk situs teknologi dan jaringan
  • .co – untuk situs perusahaan
  • .biz – untuk situs bisnis
  • .info – untuk situs yang bersifat informatif
  • .me – digunakan untuk situs pribadi

Nah, jangan sampai Anda salah pilih ekstensi, sehingga tidak sesuai dengan kebutuhan Anda. Itulah beberapa tips memilih nama domain untuk website Anda.

Demikian uraian mengenai tips memilih nama domain yang bisa Anda ketahui. Semoga uraian ini bisa menjawab kegelisahan Anda dalam memilih nama domain.

Share
Lis Sunirat

Lis Sunirat

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia online langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!