Home » 5 Kelebihan Domain ID yang Paling Utama

5 Kelebihan Domain ID yang Paling Utama

  • Domain
kelebihan domain ID

Banyak website yang saat ini menggunakan domain .ID karena memiliki keuntungannya. Kelebihan domain ID dapat meningkatkan trafik website sehingga pendapatan dari website Anda juga lebih tinggi lagi. 

Namun, ada beberapa orang yang menyebut bahwa domain .ID tidak bisa berkompetisi dengan website global. Nyatanya, anggapan tersebut tidaklah benar. Domain .ID juga mampu bersaing di pasar global bahkan meningkatkan kredibilitas dari website. 

Apa Itu Domain ID 

Sebelum melangkah lebih jauh tentang kelebihan domain ID, Anda perlu mengetahui apa itu ID dalam domain?. Domain .ID adalah nama dari website yang termasuk dalam bagian ekstensi TLD. 

Adapun jenis TLD-nya adalah ccTLD atau yang lebih dikenal dengan Country Code Top Level Domain). Contoh penamaan domain ID adalah teknik.id, kampus.id, dsb. 

Jadi, nama domain ID akan memudahkan pengguna dalam mengenali website tersebut berasal dari Indonesia. 

Kelebihan Domain ID 

Setelah mengetahui pengertian domain ID, saatnya memahami apa saja kelebhan domain ID tersebut. Berikut adalah beberapa diantaranya: 

1. Meningkatkan Kredibilitas dan Terpercaya 

Website dengan domain ID bermanfaat untuk membuatnya lebih terpercaya dan kredibel. Tidak sembarang website bisa mendapatkan ekstensi domain ini. Hal ini karena dalam membuatnya ada beberapa persyaratan seperti KTP dan berbagai identitas lainnya. 

Oleh sebab itu, setelah berhasil digunakan, orang bisa mudah percaya dengan isi konten Anda karena lebih meyakinkan. Namun, pastikan juga isi artikelnya benar-benar berkualitas agar pengunjung tidak merasa tertipu. 

Baca Juga : Apa Itu WordPress Hosting? Dan Kelebihannya

2. Dapat Menaikkan Rangking 

Kelebihan domain ID berikutnya adalah bisa meningkatkan peringkat website di pencarian google. Hal ini karena domain ID bisa menjadi faktor yang mendukung website mudah dicari oleh pengguna Indonesia. 

Biasaya, robot Google akan mendeteksi website yang sesuai dengan area penggunanya sehingga website yang muncul lebih terarah dan relevan dengan orang yang mencari. 

Jadi, website Anda yang memiliki ekstensi asal Indonesia dapat memudahkan rekomendasi dari Google kepada penggunanya. Dengan begitu, website bisa menjadi naik. 

Jadi, domain ID menjadi pilihan yang tepat jika target website Anda adalah orang Indonesia. 

3. Akses Lebih Cepat 

Penggunaan domain .ID digunakan untuk meningkatkan kecepatan website. Hal ini karena DNS servernya langsung dari Indonesia sehingga aksesnya menjadi cepat. 

Jika website memiliki performa yang cepat untuk loading dan masuk ke konten, ini akan membuat pengalaman pengunjung menjadi lebih baik. Pengunjung lebih menyukai website yang tidak lemot sehingga ini akan mempengaruhi SEO menjadi lebih baik. 

4. Banyak Nama Domain 

Berbeda dengan domain biasa seperti .COM, ada banyak kuota nama domain yang tersedia pada ekstensi .ID. Jadi, Anda bisa memilih nama domain yang mudah diingat dan bagus untuk situs. 

Bisa juga dengan memberlakukan kata kunci yang terbaik agar bisa dijadikan alamat website. 

5. Lebih Aman 

Apakah domain ID aman? Kelebihan terakhir dari domain ID adalah lebih aman karena legalitasnya terjaga. Ekstensi tersebut sudah masuk dalam PANDI. Jadi, akan memudahkan dalam keamanan hukum. 

Misalnya, jika ada website yang berbahaya karena kontennya yang tidak baik dan melanggar hukum, maka website tersebut dapat diblokir dengan mudah. 

Itulah kelebihan domain ID yang harus kalian ketahui. Kelebihan ini bisa menjad pertimbangan untuk memutuskan apakah ekstensi tersebut layak dipakai atau tidak. Bagi instansi, lembaga, atau perusahaan, penamaan domain ID terkadang diperlukan.

Share
Lis Sunirat

Lis Sunirat

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia online langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!