Home » Pengertian, Fungsi dan Cara Kerja Web Hosting

Pengertian, Fungsi dan Cara Kerja Web Hosting

  • Hosting
ilustrasi web hosting adalah - cloudhebat

Apakah Anda pernah berpikir bagaimana YouTube, Facebook, Instagram dan berbagai website lain bisa diakses dengan mudah? Web hosting adalah jawabannya.

Untuk pembahasan kali ini, kita akan membahas soal hosting, jenis, hingga bagaimana cara kerjanya.

Pengertian Hosting

Web hosting seperti yang dijelaskan sebelumnya adalah layanan online yang menyediakan fasilitas pengelolaan data situs maupun aplikasi yang berbasis web yang pada akhirnya ditampilkan ke layar para pengguna internet.

Saat Anda mengunjungi website tertentu, Anda sedang mengakses file HTML, CSS, hingga berbagai gambar yang bisa Anda lihat pada layar komputer maupun HP. Agar bisa mengakses file tersebut lewat internet, maka file tersebut harus disimpan dalam sebuah server.

Server merupakan sebuah komputer yang memiliki fungsi menyajikan data ke berbagai perangkat lain dan biasanya ke internet sehingga bisa diakses dengan mudah dari mana saja.

Penyedia layanan memiliki fasilitas konektivitas, server, hingga berbagai layanan terkait yang dibutuhkan dalam membangun dan mengelola sebuah website. Mereka lalu menawarkan jual-beli atau penyewaan ruang penyimpanan di dalam fasilitas server yang dimilikinya.

Saat Anda berlangganan layanan hosting, Anda bisa menggunakannya sebagai pengelolaan website, aplikasi berbasis web, hingga data lain sehingga bisa diakses lewat internet.

Fungsi Hosting

Setelah mempelajari tentang web hosting, sekarang kita bahas mengenai fungsinya.

Web hosting adalah teknologi yang memiliki banyak kegunaan yang berkaitan dengan pengembangan website pribadi, perusahaan, hingga penyimpanan data.

Berikut ini beberapa fungsi utama dar web hosting:

1. Membuat website

Fungsi utama web hosting yaitu membuat website. Agar website bisa ditampilkan pada layar pengunjung, seluruh file yang dibutuhkan harus bisa diakses lewat internet.

Dengan adanya layanan hosting, Ada bisa menyimpan berbagai file dalam sebuah server yang bisa diakses secara online. Karena terhubung secara online, website Anda juga akan ditampilkan pada search engine seperti Yahoo! dan Google.

2. Membuat online shop

Jika Anda hendak membuat online shop, Anda harus menggunakan layanan hosting. Pada umumnya, online shop harus bisa diakses para pengguna lewat internet.

File berupa foto produk, logo, deskripsi, hingga berbagai software yang dibutuhkan toko harus tersimpan dalam sebuah komputer yang terhubung dengan internet.

3. Membuat email domain sendiri

Jika Anda memiliki hosting dan membeli domain, Anda juga bisa membuat alamat email menggunakan domain sendiri. Hal tersebut sangat penting dalam meningkatkan kredibilitas bisnis.

Pastikan Anda menggunakan alamat email dengan domain sendiri sehingga bisnis Anda bisa terlihat lebih professional.

4. Meningkatkan keamanan dengan SSL

Tingkat keamanan dari website dipengaruhi protokol keamanan yang diterapkan penyedia hosting. Semakin tinggi tingkat keamanannya maka website akan semakin kebal terhadap serangan cracker atau hacker.

Anda juga bisa meningkatkan keamanan website dengan menggunakan sertifikat SSL yang fungsinya mengenkripsi proses transfer dari data antara client dan server.

Baca Juga : Mengenal Apa Itu VPS dan Fungsinya

Cara Kerja Hosting

Titik pusat web hosting yaitu ruang penyimpanan stabil dan aman untuk para penggunanya. Penyedia memiliki ruang penyimpanan yang berupa server dan bisa disewa sebagai penyimpanan data website maupun aplikasi online. Data tersebut kemudian bisa diakses pengunjung lewat domain tertentu.

Hosting sendiri sama seperti menyimpan file dalam sebuah komputer. Bedanya, file yang disimpan tersebut dibutuhkan oleh website maupun aplikasi, seperti gambar, tema, script, dan lain sebagainya.

Berikut sedikit penjelasannya:

  1. Saat Anda memasukkan URL, browser akan menghubungkannya ke server dengan IP yang dikaitkan domain tersebut.
  2. Browser memerintahkan server memberikan akses ke file.
  3. Setelah file ditemukan, website akan ditampilkan sesuai dengan file tersebut.

Website tidak akan bisa diakses para pengunjung jika tidak ada file yang disimpan pada server penyedia layanan hosting yang terhubung internet. Jadi web hosting adalah apa yang dibutuhkan para pemilik website agar file yang tersimpan bisa diakses pengguna lain lewat internet.

Share
Muhamad Ridwan

Muhamad Ridwan

CEO & Owner di Cloudhebat. Software Developer, SEO Content Writer, Entrepreneur.

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia online langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Leave a Reply

Your email address will not be published.