Home » Apa Itu Blog? Penjelasan Lengkap Serta Cara Membuatnya

Apa Itu Blog? Penjelasan Lengkap Serta Cara Membuatnya

Blog adalah situs web atau jurnal online yang menampilkan informasi dalam urutan kronologis terbalik, dengan posting terbaru yang terlebih dahulu akan muncul. Ini adalah platform bagi penulis dan bahkan kelompok penulis untuk berbagi pandangan mereka tentang topik individu.

Apa itu blog? Blog sebenarnya adalah kependekan dari “weblog”. Istilah blog sudah sangat familiar dikalangan pengguna internet, terutama mereka yang aktif berselancar di dunia maya mencari segala macam informasi.

Apa itu Blog?

Blog adalah situs web di mana konten disusun dalam urutan kronologis terbalik (konten yang lebih baru didahulukan). Dari apa yang kami simpulkan dari situs Wpbeginner, konten blog sering disebut sebagai entri dan “postingan blog”.

Blog biasanya dijalankan oleh seorang individu atau sekelompok kecil orang yang menyajikan informasi dalam bentuk percakapan mereka. Namun, sekarang ada banyak blog korporat yang menghasilkan banyak konten bergaya informasi.

Secara umum, blog adalah artikel atau artikel online atau jurnal yang terletak di sebuah situs web.

Karena blog ada dan hanya ada untuk penggunaan pribadi, secara eksklusif untuk berbagi informasi dengan grup, atau untuk berinteraksi dengan publik, pemilik blog dapat mengatur blog mereka untuk akses pribadi atau publik.

Tujuan Umum Pembuatan Blog

Berdasarkan penjelasan pendahuluan tentang definisi blog di atas, ada banyak alasan mengapa orang memulai blog pribadi atau blog pribadi sekaligus blog bisnis.

Blogging untuk bisnis, proyek, atau apa pun yang mungkin menghasilkan uang, sebenarnya memiliki tujuan yang sangat sederhana, jadi apa gunanya?

Tujuan umum dari sebuah blog adalah untuk membiarkan pembaca tahu siapa Anda.

Baik Anda perusahaan besar, bisnis kecil atau menengah, atau brand satu orang yang bekerja di ruang kosong, memiliki blog akan memperkenalkan merek atau merek Anda. Ada begitu banyak blog yang membosankan.

Mereka tidak mewakili pendapat dan kepribadian yang penuh warna dari para pengusaha dan pengusaha di belakang mereka. Sebuah blog dapat membiarkan perspektif dan kepribadian itu bersinar.

Dalam bisnis, Anda mengandalkan konsumen untuk terus membeli produk dan layanan Anda. Sebagai pemilik web, tentu kita mengandalkan blog untuk membantu menjangkau konsumen dan menarik perhatian pelanggan.

Tanpa blog, situs web Anda tidak akan terlihat, dan memiliki serta menjalankan blog memungkinkan Anda dapat dicari dan lebih kompetitif.

Tujuan utama blog bisnis adalah untuk menghubungkan Anda dengan audiens yang relevan. Tujuan terkait lainnya adalah untuk meningkatkan lalu lintas Anda (pengunjung lalu lintas) dan mengirim arahan berkualitas tinggi ke situs web Anda.

Bisakah Blog Menghasilkan Uang?

Jika ada yang bertanya apakah blog bisa menghasilkan uang, jawabannya tentu ya. Kunci utama blog yang dibuat untuk menghasilkan uang adalah selalu memiliki konten yang update, menarik, bermanfaat dan berkembang sehingga memiliki jumlah pengunjung yang banyak.

Cara Blogger Menghasilkan Uang

Anda pasti bingung, lalu dari mana uangnya jika Anda hanya mengisi konten dan mengembangkan blog Anda untuk menarik pengunjung. Di bawah ini adalah bagian blogging yang akan memberi Anda uang nanti ketika blog Anda besar.

Layanan Periklanan

Biasanya, penghasilan blog berasal dari iklan yang Anda jalankan. Prinsipnya sama dengan surat kabar atau majalah yang menjual rubrik iklan.

Ketika lalu lintas blog Anda tinggi, Anda membayar lebih untuk ruang iklan di blog Anda. Salah satu tips yang perlu Anda jalankan adalah memasang Google AdSense untuk meningkatkan traffic blog Anda.

Pendapatan Dari Afiliasi

Afiliasi adalah apa yang dimaksud dengan blogging dengan memiliki konten yang Anda tulis memandu pembaca untuk membeli, menggunakan, atau melihat produk yang dijual di situs lain.

Jika Anda beruntung, seseorang mengikuti satu atau lebih tautan yang Anda tulis dan membelinya.

Biasanya, sesuai kesepakatan para pihak, akan ada komisi. Untuk pembaca setia, ada kemungkinan besar pembaca blog Anda akan mengikuti saran yang Anda buat.

Event

Coba buat event atau event untuk blogger, walaupun kecil. Misalnya, undang pembaca setia blog Anda ke acara dan kenakan tarif.

Di sinilah Anda bisa mendapatkan penghasilan. Bagi Anda yang belum pernah membuat acara sendiri, Anda bisa memulainya dengan pertemuan kecil-kecilan antara blogger dan pembaca.

Anda dapat memperoleh penghasilan dari harga tiket, dan selain itu, Anda dapat menemukan sponsor untuk acara yang Anda buat.

Layanan Atau Jasa

Selain untuk iklan, blog dapat digunakan untuk menyediakan layanan atau jasa. Contohnya jasa konsultasi, pelatihan, penulisan, desain, dan jasa freelance lainnya.

Jenis-Jenis Blog

Masih baru di dunia blogging? Di sini Anda dapat menemukan beberapa jenis blog yang ada. Berikut beberapa jenis blog yang bisa digunakan sesuai kebutuhan:

1. Blog Pribadi

Blog pribadi adalah blog yang dibuat oleh seorang individu. Sebuah blog pribadi biasanya dibuat oleh seseorang berdasarkan kepentingan pribadi.

Biasanya, blog pribadi berisi pengalaman pribadi seseorang atau hal-hal sehari-hari yang terjadi dalam kehidupan penulis. Blog pribadi itu mudah, hanya membicarakan hal-hal yang sederhana.

2. Blog Khusus (niche)

Niche blog adalah blog yang isinya terfokus pada konten tertentu. Blog ini hanya membahas topik tertentu di halamannya.

Niche blog mengandalkan keyword atau kata kunci yang ditargetkan untuk memudahkan banyak orang mengakses blog berdasarkan pencarian mereka sendiri dan mengembangkan pundi-pundi mereka dengan adsense.

Anda dapat menggunakan blog ini untuk mempromosikan produk atau bisnis Anda dengan memasukkan kata kunci yang penting dan familiar sehingga dapat terdeteksi di mesin pencari Google.

3. Blog Bisnis Atau Pemasaran Konten

Blog bisnis adalah blog yang membahas hal-hal yang berhubungan dengan bisnis untuk dijual di sebuah situs web. Ini berguna untuk mengarahkan lalu lintas penjualan atau meningkatkan otoritas situs web.

Saat ini blog bisnis banyak digunakan oleh perusahaan barang atau jasa seperti Tokopedia, Lazada dan beberapa perusahaan lainnya.

4. Blog Profesional

Blog ini adalah salah satu yang sedikit lebih resmi, dan topiknya dianggap penting oleh kebanyakan orang dan penulis.

Blog profesional bersifat tematik. Misalnya blog tentang mobil, sastra, dll. Bahasa yang tertulis di dalamnya sama sekali tidak asal-asalan, apalagi penuh dengan kata kunci sampah.

Dari sebuah blog profesional, seseorang dapat dianggap sebagai ahli dalam bidang tertentu, yang dapat membawa manfaat. Bintang tamu melalui iklan, penjualan, atau acara tertentu.

5. Blog Warga

Blog biasanya dikelola oleh sekelompok banyak orang yang berspesialisasi dalam berbagai topik yang diharapkan dapat dinikmati oleh pembaca.

Contoh blog warga adalah kompasiana. Di situs tersebut, kita bisa mendaftar dan menulis komentar atau pertanyaan yang sedang berkembang di masyarakat.

6. Blog Resmi

Jenis blog ini termasuk yang jarang ditemukan dan terbatas pembuatannya karena merupakan blog yang dibuat oleh suatu perusahaan untuk memberikan informasi tambahan tentang produk yang dijualnya.

Manfaat Blogging

Blog dibuat dan diciptakan untuk digunakan oleh banyak orang sebagai tempat menulis bagi mereka yang suka menulis.

Padahal, blog sendiri bermanfaat tidak hanya bagi penulis, tetapi juga bagi banyak orang, terutama pembaca. Berikut adalah beberapa manfaat dari blog:

1. Mengasah Kemampuan Menulis

Blog bisa dijadikan sebagai ajang atau tempat mengasah kemampuan menulis. Dengan belajar menulis dengan blog, Anda akan lebih mudah untuk meningkatkan kemampuan menulis Anda.

Karena, Anda tahu bahwa tulisan di blog Anda akan dibaca oleh banyak orang, dan jika Anda menulis di jurnal atau catatan teks, itu bahkan jarang dibaca oleh orang lain.

2. Media Pertukaran Informasi

Di sana Anda dapat menulis informasi di blog dengan tujuan agar banyak orang membaca informasi dari Anda dan sebaliknya, Anda akan dapat dengan mudah menemukan segala macam informasi dari blog lain.

3. Menghasilkan Uang

Blog adalah website yang bisa menghasilkan uang. Dengan belajar menulis di blog Anda, Anda juga belajar menghasilkan uang dengan Adsense.

Selain Adsense, penghasilan juga bisa dihasilkan melalui penempatan artikel dari website layanan backlink, startup, e-commerce, atau blog review dari produsen untuk lebih memahami produk yang mereka hasilkan.

4. Sebagai Media Promosi Dan Penjualan Produk

Blog adalah salah satu platform yang dapat Anda gunakan sebagai media promosi atau untuk mengiklankan produk atau layanan yang Anda miliki sehingga banyak orang dapat mempelajari dan menjangkaunya.

Anda dapat menggunakan blog Anda sebagai tempat untuk menjual produk Anda. Karena blog sendiri lebih mudah diakses oleh publik dibandingkan media sosial lainnya.

5. Sebagai Media Untuk Berbisnis

Anda dapat memulai bisnis atau memperkenalkan bisnis Anda dengan blogging karena dengan menulis di blog bisnis Anda, lebih banyak orang akan datang kepada Anda dengan menambahkan kata kunci yang pasti populer di mesin pencari Google.

6. Sebagai Media Untuk Pekerjaan Yang Lebih Baik

Sebuah perusahaan tentu membutuhkan karyawan dengan latar belakang yang baik.

Dengan menulis pengalaman atau buku dengan konten berkualitas, diharapkan perusahaan dapat membaca karya Anda dan menganggap Anda diterima oleh perusahaan mereka.

Ini sangat penting jika ingin berkarir seperti jurnalis atau penulis konten.

Contoh Blog

Di bawah ini, kami telah menyiapkan contoh blog dan situs web pribadi yang dapat Anda gunakan sebagai panutan.

Anak Jajan: Blog Makanan

Dari namanya pasti kalian tahu kalau blog ini berisi tentang kuliner dan wisata kuliner. Blog makanan Marius dan Veronica telah memenangkan berbagai penghargaan.

Di blog mereka, mereka berbagi hal-hal menarik di setiap warung makan yang mereka kunjungi. Isinya bisa dikatakan sangat lengkap.

Pada menu website, Anda dapat menemukan rekomendasi makanan dan minuman yang dikategorikan berdasarkan jenis makanan, lokasi (dari dalam negeri hingga luar negeri), dan mall atau tempat pertemuan di sekitar wilayah Jakarta.

Uniknya, ada tambahan widget Google Translate yang otomatis menerjemahkan website ke berbagai bahasa. Ini akan meningkatkan pengalaman pengguna karena pengunjung dapat menikmati konten dalam bahasa pilihan mereka.

Not Jess Fashion: Blog Fashion

Bagi pecinta fashion, blog ini merupakan contoh website pribadi dan patut menjadi inspirasi. Jessica Wang mulai ngeblog pada tahun 2014 dan merupakan blogger mode top New York dan pemberi pengaruh digital terkemuka.

Jessica tidak hanya menampilkan foto-foto dengan gayanya, tetapi selalu berbagi inspirasi melalui blognya. Ia juga rutin berbagi tentang gaya hidup, makanan, kecantikan, perjalanan, dengan tetap menjadikan sisi fashion sebagai niche utamanya.

Dalam setiap postingannya, ia selalu memberikan link “posting beli” yang mengarahkan pengunjung untuk bisa membeli produk yang ia gunakan di foto tersebut.

Naked Traveler: Blog Perjalanan

Dengan blog, Anda juga bisa berkarir! Blog ini, misalnya, bisa dibilang sebagai blog terpopuler di Indonesia. Trinity adalah orang di balik kesuksesan Naked Traveler. Dia adalah blogger perjalanan pertama di Cina.

Berawal dari hobi mencatat saat traveling, Trinity mulai ngeblog cerita perjalanan di tahun 2005. Sejak itu, banyak yang menyukai kisah perjalanannya, yang kemudian menarik perhatian penerbit.

Trinity merilis fitur debutnya, The Naked Traveler, yang kemudian diangkat menjadi film pada tahun 2017. Ia pernah meraih predikat Penulis Perjalanan Terkemuka Indonesia dan dinobatkan sebagai salah satu dari 12 Wanita Indonesia Paling Berpengaruh di Twitter oleh Majalah Swa pada tahun 2010.

Duck of York: Lifestyle Blog

Jika Anda mencari inspirasi untuk blog gaya hidup, ini adalah contoh yang bagus. Penulisnya adalah Agi Tiara, seorang blogger dari Yogyakarta yang memulai Duck of York pada tahun 2014.

Blog ini didominasi oleh spasi putih dan terlihat menawan. Di setiap artikel terdapat foto beresolusi besar dengan visual editing yang menarik.

Di halaman beranda, pengunjung terlihat layar penuh dengan judul blog berlatar belakang putih, dengan tiga menu situs web di bagian atas.

Tidak hanya dari tampilannya, Agi juga pandai mengemas konten blognya dengan sangat menarik. Mulai dari hal-hal seputar kecantikan, editorial, traveling, review makanan, hingga pemikiran yang ia posting di blognya.

Cara Membuat Blog Dengan WordPress (Self-Hosted)

Jika Anda ingin membuat blog yang menguntungkan yang menghasilkan pendapatan dan peringkat di mesin pencari, Anda harus melakukannya di WordPress.

Blog pada platform gratis umumnya merupakan ide yang buruk kecuali jika Anda menganggap proyek tersebut sebagai hobi. Bukan hanya karena keterbatasan desain dan fungsional, tetapi juga ketika muncul di mesin pencari seperti Google.

Dengan blog gratis, sulit bagi Anda untuk tampil di puncak Google.

Sekarang, bisakah Anda membuat blog apa pun dengan WordPress?

Tentu saja, dengan WordPress, Anda dapat membuat blog yang sesuai dengan industri Anda dan memiliki fitur yang Anda inginkan.

Mengapa Memilih Blog WordPress?

WordPress adalah CMS yang paling berkembang dalam beberapa tahun terakhir. Sebagian besar blog di dunia dibangun dengan WordPress.

Ada banyak alasan untuk memilih CMS ini, berikut beberapa diantaranya:

  • Berbagai theme gratis dan berbayar untuk dipilih.
  • Buat desain spektakuler dengan cara mudah dengan bantuan fitur bertema dan editor Gutenberg.
  • Berkat sistem drag-and-drop, situs web dan blog dapat dibuat dengan cara yang sangat sederhana menggunakan pembuat halaman sebagai pelengkap.
  • Mudah dipasang: Dalam hitungan detik, Anda dapat menginstal WordPress dengan mengklik tombol.
  • Plugin: Dengan plugin (pengaya), Anda dapat melakukan apa saja.

Dengan menggunakan plugin, Anda dapat menambahkan formulir kontak, kotak untuk berlangganan milis, ikon untuk dibagikan di jejaring sosial, membuat platform pribadi, mencadangkan blog Anda.

Dan banyak hal lain yang membuat segalanya menjadi sangat mudah dan membuat blog Anda lebih bertenaga.

Apakah Anda kecil atau besar, banyak orang menggunakannya dan berhasil.

WordPress sangat serbaguna sehingga Anda dapat menggunakannya untuk berbagai fungsi, dari blogger pemula hingga situs web besar dengan banyak halaman menggunakan WordPress, wajar untuk mengatakan bahwa WordPress adalah untuk segalanya.

Anda dapat membuat desain web yang responsif. Anda dapat membuat halaman web responsif yang dapat dilihat di ponsel, tablet, dan perangkat lain apa pun, dan saat ini jika Anda tidak memiliki desain web responsif, Anda tidak perlu khawatir, karena sangat mudah untuk di edit.

Kesimpulan

Seperti yang Anda lihat, membuat blog di WordPress relatif sederhana. Benar, dibutuhkan beberapa upaya untuk memahami semua opsi pada awalnya, tetapi jika Anda benar-benar perlu membuat posting blog yang menguntungkan dan bertarget, Anda memerlukan WordPress.

Kami harap dapat membantu Anda dengan menginstal dan mengkonfigurasi WordPress. Anda sekarang dapat mulai membuat blog berkualitas tinggi di WordPress.

Share
Muhamad Ridwan

Muhamad Ridwan

CEO & Owner di Cloudhebat. Software Developer, SEO Content Writer, Entrepreneur.

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia online langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!