Home » Mengenal Apa Itu VPS dan Fungsinya

Mengenal Apa Itu VPS dan Fungsinya

  • VPS
Ilustrasi Apa Itu VPS - Cloudhebat

Tahukah Anda kalau berbagai website yang Anda kunjungi memiliki server yang sama? Website tersebut biasanya disimpan dalam VPS (Virtual Private Server).

Jika Anda sudah berpengalaman membuat website, mungkin pernah juga mendengar istilah VPS.

Namun, apa itu VPS dan bisa digunakan untuk apa saja?

Pengertian VPS

VPS (Virtual Private Server) merupakan server virtual pribadi dengan satu pengguna saja yang menggunakan semua teknologi dan kemampuannya.

Berbeda dengan server bersama atau shared hosting, seorang pengguna VPS bisa mengubah pengaturan hingga konfigurasi server sesuai kebutuhan. VPS juga menawarkan jaringan yang stabil dan aman karena setiap resource pada server hanya bisa diakses satu pengguna saja.

Fungsinya sendiri secara umum adalah menciptakan ruang virtual pribadi bagi satu pengguna dengan cara membagi server ke dalam beberapa ruang virtual pribadi yang tidak terhubung antara satu sama lain.

Fungsi VPS

Setelah mengetahui apa itu VPS, selanjutnya kita bahas mengenai fungsinya. Berikut ini beberapa fungsi VPS yang sering diterapkan para penggunanya.

1. Web hosting

Sebagian besar pengguna menjadikan VPS sebagai server sebuah website atau web hosting. Jika website memiliki traffic yang begitu besar, pengelola biasanya menggunakan VPS dengan resource hingga spesifikasi hardware memadai dibandingkan shared hosting.

2. File hosting

Fungsi lainnya adalah sebagai file hosting. VPS bisa digunakan untuk menyimpan berbagai file pribadi sehingga bisa diakses secara online lewat koneksi internet.

Dengan menyewa VPS, Anda bisa menggunakan sebagai tempat penyimpanan file pribadi. Hal tersebut dikarenakan resource server virtual sudah sepenuhnya milik Anda dan tidak berdampak terhadap penyewa yang lain.

3. Remote desktop

Pengguna bisa memfungsikan VPS untuk komputer jarak jauh dan bisa digunakan kapan dan di mana saja. Beberapa pengguna juga biasanya menggunakan VPS untuk melakukan penambangan cryptocurrency.

Namun, banyak penyedia layanan VPS yang melarang penggunaannya untuk menambang karena ada resiko tinggi kerusakan hardware.

4. VPN

Beberapa pengguna juga biasanya menjadikan VPS sebagai server untuk VPN (Virtual Private Network). VPN merupakan jalur koneksi pribadi dan bisa diakses para pengguna yang sudah terdaftar hingga memiliki akses.

5. Hosting aplikasi

Para developer juga biasanya menyewa VPS sebagai hosting aplikasi buatannya. Karena merupakan web hosting dengan kapasitas besar dan spesifikasi hardware yang tinggi, VPS bisa menjadi solusi hosting terbaik untuk aplikasi mobile.

6. Backup server

VPS juga bisa dijadikan sebagai server cadangan. Banyak pengelola website, database, hingga aplikasi menyewa layanan VPS untuk dijadikan server cadangan demi menghindari hilangnya data.

Dalam lingkup database dan server, kehilangan data biasa terjadi karena ada kesalahan konfigurasi, percobaan software baru, hacker, hingga banyak hal lain.

Baca juga : 2 Cara Mengakses VPS Terbaru dan Termudah

Penutup

VPS (Virtual Private Server) merupakan solusi alternatif bagi Anda yang membutuhkan server dengan kapasitas dan spesifikasi tinggi dan dengan biaya yang terjangkau. Ketangguhan dan kecepatan VPS tentu lebih tepat untuk website yang tengah berkembang dibandingkan menggunakan shared hosting.

Demikianlah mengenai VPS. Semoga dengan sedikit pembahasan di atas, Anda bisa memahami apa itu VPS. Mulai dari pengertian hingga fungsi yang dimilikinya, dan apa yang bisa Anda dapatkan jika memilih layanan VPS dibandingkan shared hosting.

Share
Muhamad Ridwan

Muhamad Ridwan

CEO & Owner di Cloudhebat. Software Developer, SEO Content Writer, Entrepreneur.

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia online langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Leave a Reply

Your email address will not be published.