Home » Cara Setting VPS Linux untuk Web Hosting

Cara Setting VPS Linux untuk Web Hosting

cara setting VPS linux untuk web hosting

Bagaimana cara setting VPS linux untuk web hosting? Jika Anda masih bingung bagaimana melakukannya, maka simak ulasannya pada artikel ini.

Pada dasarnya, VPS hampir sama dengan web hosting, Berbeda dari itu, bedanya disini Anda bisa memilih aplikasi apa saja yang akan diinstal. 

Sebenarnya apa itu VPS (Virtual Private Server)? VPS ialah server virtual yang berguna untuk menyimpan data dan file pada website. Biasanya VPS digunakan di website yang memerlukan sumber daya besar dan tak perlu berbagai dengan sumber daya website lain. 

Aplikasi yang Perlu Disiapkan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, agar VPS linux Anda bisa digunakan dan dijalankan untuk keperluan web hosting, ada beberapa aplikasi yang harus diinstal, yaitu sebagai berikut:

1. Database (MySQL) 

Database dipakai untuk menyimpan segala informasi secara terstruktur. Ada banyak aplikasi database seperti antara lain, oracle, postgresql, dan lain-lain. Namun pada tutorial cara setting VPS linux untuk web hosting ini, memakai MySQL untuk databasenya. 

2. Apache

Apache merupakan sebuah web server yang melakukan proses request HTTP (salah satu protokol network yang berguna untuk mendistribusikan informasi pada World Wide Web). 

3. PHP

PHP adalah sebuah bahasa skrip yang dipakai untuk membuat blog secara dinamis. Banyak sekali website atau CMS yang dibuat dengan PHP seperti wordpress.org.

Apabila web Anda dibangun menggunakan PHP, maka Anda juga harus menginstal PHP pada server Anda. 

4. PHPMyAdmin

PHPMyAdmin merupakan sebuah aplikasi yang mana akan membantu Anda untuk lebih leluasa mengelola database MySQL secara GUI (Graphical User Interface). 

Nah, jika semua aplikasi-aplikasi diatas sudah Anda siapkan, sekarang kita langsung saja ke langkah-langkah setting VPS yang telah disiapkan berikut ini :

Baca Juga : Cara Redirect Http ke Https WordPress dengan Tepat

Cara Setting VPS Linux untuk Web Hosting

Untuk Anda yang ingin memasang VPS untuk web hosting, silahkan perhatikan setiap langkah demi langkah cara pasang VPS agar tidak ada yang terlewat. 

1. Install Apache

apt-get install apache2

Silahkan buka browser dan masukkan alamat iP VPS Anda, jika menampilkan halaman “it’s work”, berarti Anda sudah berhasil menginstal aplikasi apache2 tersebut. 

2. Install MySQL

apt-get install mysql-server mysql-client

Nantinya Anda akan diminta memasukkan password for root dan menghapus beberapa default database. Jawab saja dengan Y, tapi Anda harus baca secara baik-baik jangan asal pencet Y. 

3. Install PHP

apt-get install php5 libapache2-mod-php5

Cara setting VPS linux untuk web hosting berikutnya adalah, dengan mencoba melakukan tes pada PHP yang baru saja diinstal. Pertama, Masuk ke direktori HTML nya, kalau Anda berada di /var/www.

Selanjutnya, buat file bernama phpinfo.php

nano phpinfo.php

Jika Anda belum menginstal editor nano, install dengan cara berikut ini:

apt-get install nano

Lalu masukkan kode yang dicontohkan berikut ini :

<?phpphpinfo();?>

Berikutnya Keluar dan kemudian save. 

4. Install PHPMyAdmin

apt-get install phpmyadmin

Secara default PHPMyAdmin terinstal di /usr/share, namun sangat memungkinkan untuk menggantinya. Selanjutnya, Anda bisa memindahkan atau mengcopynya ke direktori.

Berikut nantinya bisa diakses melalui http://ipaddres/phpmyadmin. Kita gunakan contoh mudah nya saja berikut ini. 

cp -r /usr/share/phpmyadmin /var/www/

Sampai tahap ini, akhirnya Anda sudah bisa menjadikan VPS sebagai web hosting untuk digunakan. Selain itu silahkan upload aplikasi Anda pada direktori /var/www.

Nah, begitulah tadi cara setting VPS linux untuk web hosting yang dapat kami sampaikan. Demikain Semoga tutorial kali ini dapat membantu Anda. Terutamanya juga semoga setting VPS yang Anda lakukan dapat berhasil. 

Share
Lis Sunirat

Lis Sunirat

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia online langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!