Home » Cara Redirect Http ke Https WordPress dengan Tepat

Cara Redirect Http ke Https WordPress dengan Tepat

cara redirect http ke https wordpress

Fungsi Https WordPress lebih diunggulkan karena ada fitur keamanan yang lebih baik dibandingkan versi Http. Oleh sebab itu, banyak pemilik bisnis yang ingin mengetahui cara redirect Http ke Https WordPress.

Pengubahan ini juga bisa meningkatkan pengunjung karena orang akan lebih percaya untuk mengakses website karena keamanan dari websitenya. Lalu, bagaimana cara redirect Http ke Https? Simak informasi lengkapnya berikut.

Keuntungan Pakai HTTPS

Protokol HTTPS akan membuat website menjadi lebih aman dari serangan peretas. Selain itu, ini juga akan meningkatkan trafik karena algoritma google akan mendeteksi HTTPS sebagai website yang aman sehingga bisa dipercaya oleh Google.

Dengan demikian, bukan tidak mungkin website menjadi naik di halaman pertama google sehingga pengunjung akan semakin meningkat.

Cara Redirect Http ke Https WordPress

Ada 3 cara redirect Http ke Https WordPress yang harus Anda ketahui, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Secara Manual

Cara redirect Http ke Https WordPress secara manual banyak digunakan oleh para blogger. Berikut adalah cara merubah HTTP ke HTTPS di cPanel:

  • Login ke dashboard admin terlebih dahulu dengan memasukkan username dan kata sandi.
  • Selanjutnya, pilih Pengaturan dan klik General.
  • Selanjutnya, ubah http://domain.com menjadi https://domain.com.
  • Setelah selesai, klik Save Changes untuk menyimpannya.
  • Masuk ke akun cPanel. Lalu, pilih menu File Manager dan lakukan edit file .htaccess HTTPS.
  • Pilih instalasi WordPress, pilih folder public_html. Klik kanan, dan pilih Edit.
  • Masukkan kode berikut:

RewriteCond %{SERVER_PORT}80

RewriteRule ^(.*)$

https://www.domain.com/$1

[R,L]

  • Pastikan untuk memasukkan nama domain Anda ke kolom tersebut. Setelah memasukkan kode tersebut dibawah #END WORDPRESS. Setelah selesai, klik Save Changes.

Setelah selesai melakukan cara mengubah http, Anda bisa mencoba untuk mengakses website yang dimiliki untuk melihat apakah ada error atau tidak. Jika ada error, lebih baik untuk menghubungi pihak penyedia hosting untuk meminta bantuan.

2. Pakai Plugin WordPress

Cara selanjutnya menggunakan plugin WordPress. Ini merupakan cara yang lebih aman dan tidak memiliki resiko yang tinggi karena tidak perlu mengedit file .htaccess.

Cukup gunakan plugin dari WordPress, pengubahan Http ke Https lebih mudah dilakukan. Berikut adalah tutorial membuat https gratis:

  • Masuk ke dashboard admin website WordPress Anda dengan memasukkan email dan password.
  • Selanjutnya, klik Plugin dan pilih Add New. Pilih jenis plugin yang dimiliki, misalnya Really Simple SSL.
  • Selanjutnya, klik install Now dan pilih Activated.
  • Setelah berhasil diaktifkan, klik Settings > SSL.
  • Di bagian atas, akan muncul pesan yang menyebut bahwa redirect ke Https belum aktif. Oleh sebab itu, perlu untuk menekan tombol Go Ahead, Activate SSL untuk cara install SSL di WordPress.
  • Setelah diaktifkan, refresh kembali browser Anda. Lalu, lihatlah pesan SSL di blog WordPress apakah aktif atau tidak. Jika sudah, akan muncul tulisan “SSL Activated”.
  • Selain itu, pastikan juga apakah website tersebut dapat diakses dengan baik atau konten dapat dipublish. Jika iya, maka redirect sudah berhasil.

Tanda sudah berhasil aktif menggunakan HTTPS adalah adanya ikon gembok berwarna hijau yang ada di sebelah nama domain.

Penutup

Demikian penjelasan cloudhebat mengenai cara redirect Http ke Https WordPress dengan mudah. Itu hanyalah cara umumnya, jika Anda menggunakan penyedia layanan hosting tertentu, pengaturan atau langkah-langkahnya bisa saja sedikit berbeda sesuai dengan tampilan hosting Anda.

Share
Lis Sunirat

Lis Sunirat

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia online langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!