Home » Beberapa Control Panel Hosting yang Populer

Beberapa Control Panel Hosting yang Populer

  • Hosting
ilustrasi control panel - Cloudhebat

Selain menentukan layanan hosting yang murah dan sesuai budget, memilih control panel hosting juga sebaiknya dilakukan. Hal tersebut berisikan banyak fasilitas yang bisa digunakan untuk mengatur setiap fungsi server.

Berikut ini beberapa control panel yang digunakan berbagai layanan web hosting.

1. Plesk

Control panel yang pertama adalah Plesk yang tersedia untuk OS server Windows dan Linux. Meski begitu populer, control panel ini termasuk rumit bagi para pengguna hosting di Indonesia. Hal tersebut karena antarmuka yang dimilikinya cukup membingungkan dan juga mengharuskan para pengguna untuk memiliki pengetahuan dalam web server jika hendak melakukan optimasi.

2. EHCP

Control panel yang kedua adalah EHCP yang memiliki kepanjangan Easy Hosting Control Panel. EHCP menjadi control panel dengan basis open-source, sehingga Anda bisa menggunakannya sebagai hosting website, FTP, akun email, hingga sub domain gratis.

Hal yang harus diketahui oleh para pengguna dari hosting murah, EHCP menjadi control panel pertama yang digunakan untuk hosting dengan ditulis menggunakan bahasa PHP.

3. VestaCP

Selanjutnya ada control panel VestaCP yang juga harus diketahui oleh para pengguna hosting di Indonesia. Seperti halnya EHCP, control panel satu ini memiliki basis open-source. Jadi Anda bisa menggunakannya secara gratis.

Selain itu, control panel ini hadir dengan fitur yang bisa digunakan untuk mengelola website dengan cara yang mudah. Bahkan VestaCP juga dihadirkan dengan menggunakan tampilan yang support bahasa Indonesia.

4. Webuzo

Control panel hosting selanjutnya yang juga harus diketahui adalah Webuzo. Control panel ini menjadi produk dari Softaculous yang dihadirkan dengan berbagai fitur yang dirasa cukup lengkap, seperti script auto install.

Meski begitu, ada kekurangan yang dimiliki oleh control panel ini. Webuzo sendiri tidak mendukung adanya dns cluster dan berbagai fitur yang dimilikinya kebanyakan harus di-install oleh Anda sendiri secara manual.

5. sPanel

Selanjutnya ada control panel berbasis Linux/Unix (sekarang ini berbasis Debian) yang dikembangkan oleh sebuah perusahaan web hosting besar di Indonesia. sPanel memiliki tampilan antarmuka yang begitu sederhana, begitu juga dengan versi teks ringan bandwith dan berbagai fitur unik, contohnya histori backup selama 3 bulan yang bisa direstore atau dibrowse per file.

Jika dibandingkan dengan control panel yang lain, penggunaan sPanel lebih ke command line dibandingkan GUI atau Graphical User Interface. Karena itu, bagi para pengguna mungkin tidak begitu familiar dengan berbagai perintah Linux/Unix dan bisa mengalami sedikit kesulitan dalam menggunakan control panel ini.

Sekarang ini, sPanel masih belum begitu mendukung skrip auto installer, seperti sotaculous Cpanel. Sedangkan CMS WordPress, PhpBB, Joomla, MyBB, Prestashop, OpenCart, Drupal dan Moodle sudah bisa diinstall otomatis lewat sPanel.

6. DirectAdmin

Control Panel yang sering digunakan selanjutnya adalah DirectAdmin. DirectAdmin adalah software yang bisa memudahkan Anda dalam mengelola website, termasuk Email, FTP, Domain dan lain-lain.

Tampilan DirectAdmin sangatlah user-friendly, sehingga bagi Anda yang merupakan pengguna baru pun tidak akan merasa kebingungan dalam menggunakannya.

Selain itu, DirectAdmin juga sudah support Sotaculous AutoInstaller sehingga Anda bisa menginstall ratusan script Website hanya dalam satu klik saja. Termasuk CMS WordPress, Joomla, MyBB, OpenCart dan lain-lain.

Baca Juga: Pengertian, Fungsi dan Cara Kerja Web Hosting

7. cPanel

terakhir ada cPanel yang menjadi control panel terpopuler dan paling sering digunakan penyedia web hosting, baik Indonesia maupun dunia.

cPanel ini memiliki fitur yang lengkap dan bisa digunakan untuk mengatur setiap kebutuhan dalam pembuatan website, lewat tampilan antarmuka yang mudah dan responsif. Menariknya lag, cPanel ini menghadirkan fitur auto fix, sehingga menjadi solusi praktis untuk berbagai permasalahan yang dihadapi para penggunanya.

Jika Anda belum terlalu familiar dengan dunia hosting atau web, cPanel menjadi control panel yang harus Anda coba karena user-friendly dan masih terus dikembangkan hingga kini.

Itulah beberapa control panel hosting yang perlu Anda ketahui jika Anda tertarik untuk masuk ke dunia web atau dunia hosting.

Share
Muhamad Ridwan

Muhamad Ridwan

CEO & Owner di Cloudhebat. Software Developer, SEO Content Writer, Entrepreneur.

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia online langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.