Home » VPS Hosting Adalah? Cek Selengkapnya Disini!

VPS Hosting Adalah? Cek Selengkapnya Disini!

  • VPS
vps hosting adalah

Ada banyak paket hosting yang ditawarkan ketika Anda membuat website. Masing-masing hosting memiliki fitur dan keunggulannya. Salah satu pilihan hosting yang dapat pilih adalah VPS. VPS hosting adalah server virtual untuk menyimpan data pada website.

Virtual Private Server atau VPS hosting adalah hosting yang biasanya digunakan pada website yang membutuhkan daya penyimpanan yang basar. Penggunaan hosting ini tidak perlu berbagi dengan website lain seperti halnya pada shared hosting.

VPS hosting menggunakan teknologi virtualisasi yang membagi server fisik menjadi beberapa sumber daya yang berbeda. Dengan demikian performa website tidak terpengaruh oleh pengguna lainnya.

Keunggulan utama VPS hosting yaitu mempunyai kapasitas penyimpanan yang besar, aman dan terjangkau. VPS hosting adalah server yang cocok bagi developer game, penyedia Saas, serta perusahaan yang membutuhkan server dengan kapasitas besar.

Fungsi VPS

Setelah memahami pengertian VPS, Anda juga perlu memahami berbagai fungsi dari VPS. Berikut fungsi VPS hosting:

1. Web Hosting

Salah satu fungsi dari VPS hosting adalah sebagai web hosting atau tempat penyimpanan data dan file website. VPS menyediakan sumber daya yang cocok untuk situs website dengan traffic yang tinggi.

2. Game Server

Fungsi lain dari VPS adalah sebagai game server. Anda dapat melakukan berbagai hal yang berkaitan dengan game online, seperti:

  • Menginstal game dan mengadakan sesi bermain game online dengan aturan yang Anda buat sendiri.
  • Menghindari campur tangan pihak ketiga agar privasi permainan Anda lebih terjamin.
  • Membuat koneksi khusus untuk game agar tidak terjadi masalah ketika bermain.

Agar dapat menggunakan VPS ini, Anda perlu memperhatikan beberapa aspek teknis, misalnya memiliki processor yang cepat, ruang penyimpana yang cukup, serta resource yang cukup besar.

3. VPS Sebagai Layanan VPN

VPN adalah jaringan pribadi yang terhubung internet dan bisa menyembunyikan identias pengguna ketika mengakses internet. VPN banyak dipilih perusahaan karena proses penyimpanan dan pertukaran data lebih aman.

Membuat VPN deserver VPS menjadi pilihan yang lebih aman, karena pengelolaan dan penyimpanan data akan Anda lakukan sendiri. Hal ini tentu berbeda dengan VPN pihak ketiga yang terkadang ada kemungkinan data bocor ke pihak lain.

4. Mengembangkan dan Menguji Aplikasi

Dengan kapasitasnya yang besar, VPS hosting sering digunakan oleh developer web untuk mengembangkan dan menguji aplikasi.

5. Backup Server

Untuk menghindari kehilangan data, VPS hosting dapat digunakan sebagai backup server untuk menghindari kehilangan data. Hal ini dikarenakan seringnya terjadi kehilangan data yang diakibatkan oleh kesalahan konfigurasi, hacker, dan lain sebagainya.

Kelebihan dan Kekurangan VPS Hosting

Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan VPS hosting ini dapat Anda jadikan pertimbangan sebelum memutuskan untuk memilih hosting.

Kelebihan

Berikut beberapa kelebihan VPS hosting yang harus Anda ketahui jika ingin membeli paket.

  • Kelebihan VPS dibandingkan shared hosting adalah memiliki kecepatan yang lebih tinggi dan andal.
  • Mendapatkan akses super user (root) ke server.
  • Privasi Anda lebih terjamin, seperti file dan database yang tersimpan serta tersembunyi dari pengguna lain.
  • Mendapatkan jaminan resource server, seperti memori atau processing power.
  • Tidak terpengaruh oleh permasalahan traffic yang terjadi pada user lain.
  • Lebih mudah untuk upgrade resource server (RAM, CPU, disk space, dll) karena adanya layanan yang mudah di-scale.

Kekurangan

Selain memiliki kelebihan, tentu VPS hosting juga memiliki kekurangan. Berikut kekurangan VPS hosting ini yang perlu Anda ketahui:

  • Harga yang harus Anda bayarkan lebih mahal daripada shared hosting.
  • Agar dapat mengelola server, Anda harus mengetahui pemahaman teknis yang lebih.
  • Jika terjadi kesalahan pada pengaturan server, maka akan berisiko tinggi terhadap keamanan.

VPS hosting adalah pilihan tepat bagi Anda yang membutuhkan penympanan dengan kapasitas besar dan aman. Jika memilih menggunakan hosting ini sebaiknya pengelolahan server dilakukan oleh yang memiliki pengetahuan teknis yang lebih agar terhindar dari kesalahan. Semoga penjelasan dari Cloudhebat di atas membantu!

Share
Lis Sunirat

Lis Sunirat

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia online langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!