Home » Tips Memilih Hosting Untuk Website Yang Optimal

Tips Memilih Hosting Untuk Website Yang Optimal

tips memilih hosting

Sebelum memilih hosting, pastikan anda telah memilih layanan yang sesuai bagi kebutuhan anda. Maka dari itu, sebelum memilihnya, ada beberapa tips memilih hosting yang perlu anda perhatikan untuk website anda.

Perhatikan kebutuhan anda terlebih dahulu sebelum memilih layanan hosting. Setelah anda memahami kebutuhan anda, mulailah untuk mencari informasi mengenai web hosting. Anda bisa mulai mencari di mesin pencari.

Langkah sangatlah mudah, namun karena banyaknya layanan tentu akan membuat anda menjadi sedikit bingung. Untuk itu, simak tips memilih hosting untuk website anda supaya lebih optimal.

Tips Sebelum Memilih Hosting

Perhatikan beberapa hal sebelum anda memilih layanan hosting untuk website anda. Ikuti tips memilih hosting berikut ini!

1. Cek Kualitas Performa Server

Hal utama yang perlu diperhatikan adalah mengecek kualitas server pada suatu layanan sebelum memilihnya. Ada beberapa parameter yang menjadi tolak ukurnya, salah satunya adalah lokasi server. Pilihlah lokasi server sesuai dengan negara tempat tinggal pelanggannya.

Misalnya, jika anda ingin membuat website untuk pelanggan yang ada di Indonesia, maka pilihlah server website di Indonesia. Selain itu, perhatikan juga spesifikasinya seperti teknologi server, kapasitas RAM, kecepatan prosesor dan network, serta hardisk.

Untuk mengecek spesifikasi layanan, anda bisa menghubungi customer support. Jika tidak, anda bisa juga mengecek melalui layanan web hostingnya.

2. Customer Support 24 Jam

Memilih layanan hosting yang berkualitas bisa dilihat dari layanan customer supportnya yang siap dalam 24 jam. Karena, mereka tidak hanya siap saja, melainkan bisa membantu menyelesaikan masalah anda dengan baik dan tepat.

Tingkat keramahan, sopan santun juga menjadi pedoman dalam melakukan pelayanan. Layanan hosting yang aik tentu akan memperhatikan pelanggannya. Seperti menyediakan cara komunikasi lewat email, live chat, telepon hingga tiket bantuan.

3. Cek Harga Paketnya

Tips memilih hosting selanjutnya adalah mengecek harga paket layanan hosting tersebut. Karena, harga yang anda bayar tentunya akan sesuai dengan paket layanan yang anda gunakan. Bandingkan harga dan jenis paketnya secera spesifik dari setiap layanan hosting.

Pastikan dalam memilihnya, anda tetap mendapatkan harga yang terjangkua dan layanan hostingnyapun juga terbaik. Jangan sampai anda memilih harga murah namun dengan kualitas layanan yang kurang baik. Pilihlah layanan hosting sesuai budget anda yah!

4. Cek kebijakan Uang Garansi

Perusahaan penyedia layanan hosting pastinya akan menyediakan fasilitas garansi uang kembali. Namun, ada perbedaan pada beberapa ketentuan dan syarat yang ditetapkan setiap perusahaan. Pastikan anda mengetahui berapa nominal yang akan didapat.

Selain itu, perhatikan juga bagaimana sistem pengembalian uang hingga berapa lama waktunya. Jika keterangan tersebut masih kurang jelas, anda bisa tanyakan pada bagian tim supportnya. Namun, jika tetap tidka jelas lebih baik pindah layanan hosting yang lainnya.

5. Perhatikan Penawaran Fitur Tambahan

Fitur yang ditawarkan pihak layanan hosting tentunya ada fitur utama dan fitur tambahan. Saat mengecek fitur tambahan, pastikan anda memilih fitur yang sesuai dengan proteksi dan keamanan. Inilah salah satu tips memilih hosting yang berkualitas.

Contohnya fitur SpamAssassin Protection dan SpamExpert untuk mengatasi masalah spam website anda. Dengan banyaknya fitur yang disediakan pihak layanan hosting, pastikan anda memilih fitur tambahan yang sesuai. Yaitu, dengan bertanya langsung pada tim supportnya.

5. Cek Review Pelanggan

Dengan mengecek dan menanyakan pendapat orang lain, tentu ini mejadi tips memilih hosting yang terakhir. Anda bisa menelusuri blog, forum atau bertanya kepada tetangga untuk mengecek layanan yang akan anda pilih.

Jika ingin mengeceknya, pastikan cek pada ulasan forum yang terpercaya. Fokuskan pada kelebihan dan kekurangan layanan hosting yang akan dipilih. Lalu, refleksikan jika anda mengalami kejadian serupa, dan anda sudah menemukan solusi melalui ulasan tersebut.

Jika Anda butuh layanan hosting terbaik di Indonesia, pastikan pilih Hosting Bulanan dari Cloudhebat. Dijamin performa kencang dan keamanan prima!

Share
Lis Sunirat

Lis Sunirat

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia online langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!