Home » Perbedaan Hosting dan VPS yang Paling Mendasar

Perbedaan Hosting dan VPS yang Paling Mendasar

perbedaan hosting dan vps

Apakah ada yang mengalami kebingungan ketika memilih layanan hosting? Tentu, hal ini menjadi wajar karena banyaknya jenis hosting yang ada. Jenis hosting sendiri ada banyak, seperti Shared Hosting, VPS hingga Cloud Hosting. Lalu, apa perbedaan Hosting dan VPS?

Ketika Anda mencari layanan hosting di internet, tentu banyak pilihan layanan hosting. Layanan hosting tersebut berasal dari berbagai macam provider yang ada. Mulai dari harga yang murah sampai harga mahal dengan spesifikasi yang berbeda-beda.

Layanan hosting yang murah adalah layanan Shared Hosting. Jika anda memang mencari hosting untuk keperluan khusus, sebaiknya pilih layanan Cloud Hosting, WordPress hosting atau VPS. Setiap hosting tersebut memiliki kelebihan dan tentunya berbeda penggunaannya.

Lalu, apa perbedaan Hosting dan VPS? Simak penjelasannya dibawah ini!

Perbedaan Shared Hosting, Cloud Hosting dan VPS

Ketika Anda sudah memutuskan untuk menyewa layanan webhosting, tentu Anda sudah mendengar banyak istilah didalamnya. Seperti Shared Hosting, Virtual Private Server atau VPS hingga Cloud Hosting.

Ketika anda menyewa layanan tersebut, biasanya anda akan ditawarkan tiga layanan yang ada dalam website mereka. Meskipun demikian, ada perbedaan Shared Hosting dan VPS, serta perbedaan Cloud Hosting dan VPS yang harus anda ketahui.

1. Shared Hosting

Layanan hosting yang paling banyak peminat dan popular ini adalah Shared Hosting. Jenis layanan ini diperuntukkan bagi Anda yang baru pertama kali membangun website dengan jumlah pengunjung yang sedikit.

Layanan Shared Hosting ini ibarat sebuah apartment yang Anda sewa dengan teman Anda. Jadi, Anda dan teman Anda berbagai semua hal yang ada di dalamnya. Sehingga, layanan Shared Hosting menjadi layanan yang paling murah dan tentunya ekonomis.

Tapi, tetap saja Anda akan menerima beberapa batasan didalamnya. Karena, menggunakan layanan ini sistemnya berbagi dengan yang lain. Meskipun sewaktu-waktu akses bisa lambat karena banyak server yang digunakan bersamaan, tapi Shared Hosting harganya terjangkau.

2. Cloud Hosting

Cloud Hosting merupakan hosting yang memiliki beberapa server sebagai resource dan dapat berjalan secara bersamaan. Server yang digunakan Cloud Hosting dapat mem-back up ketika server lain mengalami masalah.

Tidak seperti Shared Hosting, Cloud Hosting dapat menghemat biaya, tenaga, dan tentunya fleksibel. Karena anda bisa menambah sumber daya (resource) sesuai dengna kebutuhan anda. Dengan menggunakan Cloud Hosting, anda bisa merasakan layaknya menggunakan VPS.

Sayangnya, menggunakan Cloud Hosting memerlukan biaya yang tidak sedikit. Karena, harganya relative lebih mahal jika dibandingkan dengan Shared Hosting. Setelah mengetahui kedua jenis hosting diatas, simak lebih lanjut perbedaan Hosting dan VPS?

3. Virtual Private Server (VPS)

Web Hosting yang memiliki sumber daya dan berasal dari satu server disebut VPS atau Virtual Private Server. Lalu, beda Hosting dan VPS itu apa? Perbedaannya ada pada pembagian sumber daya yang ada.

Dengan menggunakan VPS, aAnda bisa bebas menggunakan ruang yang ada didalamnya. Seperti dari sistem operasi, panel hosting hingga aplikasi yang diinstal. Dengan menggunakan VPS, hasil akan menjadi maksimal, namun Anda harus menguasai Teknik tentang server.

Setelah mengetahui perbedaan Hosting dan VPS, biasanya akan muncul pertanyaan. “Share hosting dan VPS lebih bagus yang mana ya?” Maka, kembali lagi ke Anda, sesuaikan dengan kebutuhan dan penggunaannya.

Jika traffic website Anda besar dan Anda memahami teknik server, maka pilihan VPS akan menjadi pilihan yang tepat. Namun, jika Anda belum paham teknik server dan pengelolaannya, maka Cloud Hosting adalah pilihannya.

Semua layanan tersebut ada dan tersedia secara terjangkau di layanan Hosting Bulanan Cloudhebat. Anda bisa pilih sesuai kebutuhan.

Share
Lis Sunirat

Lis Sunirat

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia online langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!