Home » Cara Mengganti Blogspot menjadi com Secara Manual

Cara Mengganti Blogspot menjadi com Secara Manual

cara mengganti blogspot menjadi com

Secara umum, blog yang dibuat dari Google akan mempunyai subdomain blogspot.com. Namun, ketika Anda tak ingin nama subdomain seperti itu, maka Anda bisa mencoba cara mengganti blogspot menjadi com

Cara mengganti domain blogspot menjadi com ini dapat dilakukan dengan melakukan register domain sendiri menggunakan nama domain yang telah terdaftar.

Cara Mengganti Blogspot

Pada artikel ini akan dibahas lebih lanjut terkait cara membuat blogspot menjadi com secara gratis. Memang, adanya subdomain terkesan terlihat panjang, kurang menarik juga bisa menurunkan kredibilitas blog Anda. 

Untuk itu, Anda bisa mencoba menggantinya menggunakan nama domain pilihan Anda. Ingin mencoba ganti domain gratis? Terdapat beberapa cara yang bisa dicoba secara gratis untuk mengganti domain, salah satunya manual. 

Yuk simak tutorial Cloudhebat tentang mengganti domain blogspot gratis di bawah ini.

Mengganti Domain Blogspot secara Manual

Cara mengganti blogspot menjadi com bisa dilakukan secara manual. Sebenarnya cara ini membutuhkan proses yang lumayan panjang namun mudah untuk dipraktikan. Buat yang sudah penasaran, yuk ikuti langkah mengubah domain menjadi com secara manual berikut.

1. Masukkan CNAME Baru pada Directadmin

Tahap pertama yang perlu dilakukan ialah menambahkan CNAME baru di  DNS management panel pengelolaan yang ada di domain Anda. Berikut tutorial lebih jelasnya:

  1. Masuk pada akun hosting yang Anda miliki dan klik pada bagian Hosting
  2. Silahkan masuk Panel Directadmin
  3. Pilihlah pada tab DNS Management, kemudian klik tombol berupa Add Record;
  4. Jika sudah, pada kolom Record Type, pilihlah bagian CNAME. Selanjutnya, isilah kolom subdomain yang ada dengan www;
  5. Isi juga kolom hostname menggunakan “ghs.google.com”
  6. Klik pada tombol Save Changes

2. Mengarahkan IP Domain pada IP Server Google

Pada cara mengganti blogspot menjadi com tahap ini, klik tombol Add New Record lagi pada halaman yang sama yakni DNS Management. Namun, jenis record yang perlu dipilih berbeda yakni A Record.

Selanjutnya, Anda bisa memasukkan IP Adress yang tercantum di bawah ini satu per satu pada kolom Ipv4 Adress.

  • 216.239.32.21
  • 216.239.34.21
  • 216.239.36.21
  • 216.239.38.21

3. Menghubungkan Domain ke Blogspot

Langkah terakhir yang perlu Anda lakukan untuk mengganti nama domain ialah menghubungkan domain pada blogspot. Berikut merupakan langkah-langkahnya:

  1. Log in atau masuk pada akun Google yang Anda gunakan pada blog yang Anda buat;
  2. Klik pada menu Settings yang terdapat di sisi kiri halaman layar
  3. Pada bagian publishing, silahkan klik tombol bertuliskan Custom Domain;
  4. Masukkanlah custom domain Anda pada halaman kolom yang sudah tersedia. Jika sudah, klik tombol Save

Sebagai peringatan, perlu diingat bahwa Blogspot tidak bisa menggunakan naked domain.

Dengan demikian, apapun domain yang Anda miliki maka tambahakan www pada bagian depan domain Anda kemudian diikuti pada bagian belakang dengan titik sebelum nama domain.

Itulah cara mengganti blogspot menjadi com yang bisa dilakukan dengan manual. Dengan cara manual ini, Anda mengatur sendiir nama domain yang akan Anda gunakan. Sebenarnya tutorial ini cukup panjang dan membingungkan.

Namun, sekali lagi jika Anda sudah terbiasa dengan langkah-langkah yang cukup ribet ini, maka cara mengganti nama domain ini terasa cukup mudah.

Baiklah, itu saja pembahasan terkait cara mengganti blogspot menjadi com. Semoga bahasan yang telah dipaparkan tersebut bermanfaat untuk Anda dalam mengganti domain. Selamat mencoba!

Share
Lis Sunirat

Lis Sunirat

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia online langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!