Home » Cara Membuat Website Yang Sukses Tanpa Coding

Cara Membuat Website Yang Sukses Tanpa Coding

  • Website

Anda sedang mencari tutorial cara membuat website yang lengkap tanpa coding namun belum menemukan panduan yang benar-benar sesuai dengan harapan Anda?

Mungkin Anda telah banyak membaca tutorial di internet. Tetapi masih bingung harus mulai dari mana?. Semakin Anda mengikuti, semakin Anda bingung karena penjelasan dari tutorial-tutorial tersebut tidak lengkap dan loncat-loncat?

Jangan khawatir! Kali ini, Anda mengunjungi website yang tepat!

Karena melalui website ini, kita akan belajar secara lengkap mengenai cara membuat website yang benar dan terstruktur. Mulai dari perencanaan, pembuatan, konfigurasi dan tunning website.

Selain itu, kita juga akan belajar mengenai cara mendapatkan pengunjung untuk website baru kita.

Dan sebagai bonus, saya juga akan menyertakan contoh-contoh studi kasus pembuatan website, baik itu website untuk keperluan pribadi maupun perusahaan.

Perlu Anda ketahui bahwa tutorial ini adalah tutorial yang sangat panjang!

Jadi persiapkan diri Anda, siapkan kopi, putar musik, relaks dan ikuti panduannya sampai selesai.

Untuk siapa tutorial membuat website ini dibuat?

Tutorial ini dibuat untuk para pemula yang ingin mempunyai website yang sukses dan sesuai harapan. Jadi, bagi Anda yang tidak mempunyai skill coding, Anda tidak perlu khawatir sama sekali, karena tutorial ini memang tidak membutuhkan skill coding.

Walaupun tutorial ini dibuat dengan bahasa yang sangat sederhana. Akan tetapi, tutorial ini akan tetap mengikuti alur-alur yang biasa dipakai oleh para profesional!

Sehingga, jika Anda mengikuti tutorial ini secara serius, maka saya bisa pastikan Anda akan bisa membuat website yang sukses setara dengan ketika Anda menyewa jasa pembuatan website dari para profesional.

Gimana? makin semangat? Bagus!

5 Tahap cara membuat website

Berikut ini adalah tahapan-tahapan yang perlu Anda lakukan untuk membuat website:

  1. Merumuskan kebutuhan website
  2. Menentukan jenis website
  3. Membuat mockup dan mempersiapkan materi
  4. Melakukan pemilihan platform, hosting dan domain
  5. Melakukan instalasi dan konfigurasi website

Jika Anda masih bingung dengan beberapa kata yang ada diatas, Anda tidak perlu khawatir, karena saya akan mengupasnya secara lebih mendalam satu-persatu di bagian selanjutnya.

Tahap 1: Merumuskan kebutuhan website

Untuk membuat website yang sukses, Anda harus merumuskan terlebih dahulu apa saja yang dibutuhkan. Jadi siapkan alat tulis Anda, kemudian tulis jawaban untuk pertanyaan-pertanyaan berikut ini:

Untuk siapa website tersebut dibuat?

Pertanyaan ‘siapa’ disini bisa berupa orang, perusahaan, organisasi atau apapun. Anda harus menjelaskan untuk siapa website ini akan dibuat dan siapa dia?

Contohnya jika Anda adalah seorang pengusaha laundry dan ingin membuat website untuk usaha tersebut, maka Anda bisa menulis seperti ini:

Saya ingin membuat website untuk usaha laundry saya yaitu Laundry Wash. Laundry wash adalah tempat laundry terbaik di Jakarta. Buka 24jam dalam sehari dan 7hari dalam seminggu.

Saat ini, laundry wash sudah mempunyai cabang sebanyak 54 cabang di Jakarta dan 21 cabang di daerah Jabodetabek.

Selain untuk perusahaan, Anda juga bisa membuat website untuk pribadi, akan tetapi Anda masih harus menjelaskan ‘pribadi’ yang mana yang ingin Anda buatkan website.

Misalnya saja Anda adalah seorang dokter yang kebetulan juga mempunyai hobi masak. Anda harus memilih, Anda ingin memposisikan diri sebagai Anda yang ‘dokter’ atau Anda yang ‘hobi masak’.

Anda bisa saja mengambil keduanya, namun nantinya pengunjung website Anda akan bingung, karena konten website Anda kurang konsisten.

BERSAMBUNG

Share
Muhamad Ridwan

Muhamad Ridwan

CEO & Owner di Cloudhebat. Software Developer, SEO Content Writer, Entrepreneur.

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia online langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!