Home » Apa Itu Aged Domain serta Manfaatnya

Apa Itu Aged Domain serta Manfaatnya

  • Domain
apa itu aged domain

Apakah Anda pernah melihat website yang selalu berada di urutan teratas dari hasil pencarian google? Kemungkin salah satu faktor yang menyebabkannya adalah aged domain. Lantas apa itu aged domain?

Pada kesempatan kali ni kita akan membahas apa itu aged domain serta manfaatnya.

Pengertian Aged Domain

Pembahasan penting yang pertama adalah apa itu aged domain. Secara harfiah aged domain berarti domain yang sudah tua atau expired domain. Domain ini telah digunakan sebelumnya oleh orang lain baik untuk bisnis maupun pribadi.

Namun, saat ini domain tersebut sudah tidak digunakan karena alasan tertentu. Misalnya, karena domain hanya digunakan untuk jangka waktu tertentu, bisnis yang sudah tidak berjalan, dan lain sebagainya. 

Domain lama sudah terindeks oleh google sebelumnya, sedangkan domain baru membutuhkan waktu untuk dapat terindeks google.

Meskipun waktu yang diperlukan tidak terlalu lama. Dengan demikian, aged domain adalah cara pintas untuk meningkatkan hasil SEO yang baik untuk website. 

Manfaat Aged Domain

Setelah membahas apa itu aged domain, selanjutnya kita akan membahas manfaat dari aged domain.

1. Memiliki Nilai Historis yang Tinggi

Nilai historis yang baik adalah salah satu faktor yang mendasari kekuatan dan ranking website. Salah satu penentu nilai historis ini adalah umur domain. 

Agar domain memiliki nilai historis yang tinggi dan kemungkinan miliki skor Domain Authority (DA) yang tinggi juga, sehingga memiliki ranking website yang baik. DA sendiri merupakan nilai kepercayaan yang dimiliki sebuah website di mesin pencarian.

Dengan website yang memiliki DA yang tinggi, maka pemilik website tidak perlu memunggu waktu yang lama untuk dapat bersaing di google.

2. Alamat Domain yang Bagus

Kebanyakan aged domain memiliki nama yang bagus. Hal ini akan sangat menguntungkan karena alamat domain tersebut mudah dihafalkan. Dengan begitu, audiens akan berpotensi untuk kembali ke website Anda bahkan merujuk orang lain untuk mengunjunginya juga.

Beli agad domain dengan nama yang bagus dapat Anda manfaatkan untuk bersaing dengan website baru yang memiliki nama kurang menarik.

3. Memiliki Banyak Backlink

Domain lama lebih kompetitif karena biasanya memiliki banyak backlink. Backlink sendiri adalah tautan pada halaman web yang mengarah ke situs. Google akan menganggap backlink sebagai salah satu cara verifikasi otoritas dan relevansi dari situs web Anda.

4. Bisa Menjadi Investasi Digital

Aged domain bisa dijadikan investasi karena domain lama sampai kapanpun akan selalu dicari. Terlebih bagi penguasaha startup yang ingin boosting website mereka di ranking google. 

Harga dari aged domain bisa bisa sekitar Rp 3-10 juta. Bahkan jika website berkualitas harganya bisa mencapai Rp 19,8 juta.

5. Membantu Branding Bagi Bisnis Kecil

Branding terkadang menjadi masalah utama pada bisnis kecil. Penggunaan nama domain yang pas mampu mendongkrak branding. 

Anda dapat mencari aged domain dengan nama yang mencakup produk Anda secara spesifik. Dengan cara beli aged domain ini akan lebih baik daripada menggunakan domain baru.

6. Ranking Website Jadi Lebih Baik

Setelah mengetahui aged domain, Anda akan paham mengapa domain lama dapat membuat ranking website lebih baik. Tentu saja karena domain lama biasanya sudah sering ditambahkan ke direktori.

Direktori diibaratkan sebuah buku alamat dalam dunia maya. Kumpulan data pada direktori tersusun ke dalam beragam kategori. Direktori seperti ini sering dimanfaatkan untuk mendapatkan backlink.

Ketika Anda memiliki aged domain, Anda dapat menambahkan daftar halaman ke banyak direktori. Sedangkan jika website baru mendaftarkan banyak direktori secara langsung, maka akan dianggap spamming oleh mesin pencari. 

7. Memberikan Traffic yang Tinggi

Dari semua manfaat aged domain di atas, maka akan memudahkan Anda mendapatkan traffic yang tinggi. Traffic pada website adalah jumlah orang yang mengunjungi, membuka halaman, dan membaca konten yang terdapat di website Anda.

Pembahasan dari Cloudhebat tentang apa itu aged domain serta manfaatnya dapat Anda jadikan pertimbangan untuk memilih website lama untuk website bisnis maupun pribadi Anda. 

Share
Lis Sunirat

Lis Sunirat

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia online langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!