Home » 3 Cara Redirect 301 Pengalihan Website Lebih Baik

3 Cara Redirect 301 Pengalihan Website Lebih Baik

cara redirect 301

Beberapa orang ingin mengupdate URL-nya karena beberapa faktor. Misalnya, ingin mengubahnya menjadi URL yang baru. Namun, ketika melakukan update, pengunjung menjadi bingung mencari halaman. Untuk itu dibutuhkan cara redirect 301.

Apa itu redirect pada website? Jadi, Redirect artinya pengalihan yang dilakukan agar website yang dipakai untuk mengirim pesan kepada pengunjung bahwa website akan dialihkan. 

Dengan demikian, mereka tidak bingung ketika secara otomatis website akan diarahkan ke URL lainnya. 

Apa Itu Redirect 301

Lalu, 301 itu apa? Maksud dari kode tersebut mengisyaratkan bahwa ada perintah pengalihan yang berfungsi untuk menginformasikan pada browser bahwa halaman telah dipindah secara permanen ke berikutnya. 

Jadi, semua konten telah dipindah ke halaman lain sehingga ini akan cocok dipakai untuk Anda yang tidak ingin memakai URL lama lagi. 

Berdasarkan hasil survei, banyak yang menyebut bahwa kode ini menjadi pilihan terbaik yang aman dan terbaik untuk mengalihkan website. 

Hal ini karena pemakaian Redirect 301 membuat data SEO di URL lama tidak hilang sehingga peringkatnya tidak terlalu menurun. 

Cara Redirect 301 

Ada beberapa langkah untuk melakukan cara redirect 301, berikut diantaranya: 

1. Memasukkan Instruksi Redirect ke Header URL Lama 

Anda perlu untuk memasukkan intsruksi dari Redirect ini di setiap header halaman. Terlebih jika memakai halaman yang menggunakan bahasa pemrograman seperti PHP, Java, dsb. 

Dengan memasukkan Redirect Javascript atau bahasa program lainnya, instruksi ini akan mengalihkan ke website baru. Jadi, pastikan untuk menginput URL dengan benar. 

2. Pakai Pengaturan File .htaccess

Untuk metode kali ini, Anda memerlukan akses ke server ditambah dengan konfigurasi Apache. Nantinya, Anda baru bisa menggunakan file .htaccess ini. Sebelumnya, Anda perlu melakukan pencadangan terlebih dahulu atau backup data. 

Hal ini karena kesalahan input data bisa membuat website Anda menjadi error sehingga data website juga ikut hilang. Adapun langkahnya adalah sebagai berikut: 

  • Buka FTP terlebih dahulu kemudian, login ke website Anda. 
  • Ketika Anda ingin mengedit file, bisa pakai text editor UNIX. 
  • Untuk melakukan redirect dari website lama ke baru, Anda perlu perlu menggunakan kode berikut: 

Redirect301 /blog.html 

https://.namawebsite.com/blog

Selain melakukan redirect dari satu halaman ke halaman lain, melalui cara ini Anda juga bisa melakukan beberapa pengalihan, yaitu cara redirect domain lama ke domain baru, redirect domain dari HTTP ke HTTPS, dan Redirect non WWW ke WWW. 

3. Menggunakan Plugin Redirect 301

Bagi pengguna WordPress, Anda juga tak perlu khawatir karena dapat memanfaatkan plugin sebagai cara yang cepat dan mudah. Sebelumnya, pastikan untuk melakukan penginstalan plugin yang bernama Redirection. 

Dengan adanya plugin jenis ini, Anda tidak perlu menggunakan coding kembali. Caranya cukup ikuti langkah berikut ini: 

  • Silahkan untuk memasukkan URL lama dengan yang baru. 
  • Klik tombol Add Redirect.
  • Selesai

Perlu diperhatikan bahwa cara ini hanya berlaku untuk melakukan Redirect 301 dari halaman lama ke baru walau dengan satu domain web yang sama. 

Selain plugin Redirection, bagi pengguna WordPress dapat menggunakan software lainnya. Contohnya adalah Simple 301 Redirects, Easy Redirect Manager, HTTPS Redirection, SEO Redirection 301, dsb. 

Itulah cara Redirect 301 dari Cloudhebat yang mesti Anda ketahui. Cara ini perlu dilakukan bagi Anda yang ingin mendesain ulang website, mengkombinasikan dua website, sampai melakukan migrasi ke HTTPS.

Dengan melakukan cara ini, dapat memenuhi kebutuhan rebranding yang lebih baik.  

Share
Lis Sunirat

Lis Sunirat

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia online langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!